Seri Final Fantasy merupakan salah satu game JRPG yang ikonik, dengan banyak nama besar yang berperan dalam menciptakan dunia fantastisnya. Salah satu tokoh penting di balik kesuksesan seri ini adalah Tetsuya Nomura, yang dikenal dengan ciri khas unik dalam desain karakter-karakter buatannya.
Salah satu hal yang sering diperhatikan dari karya Nomura adalah bagaimana karakternya selalu memiliki tampilan ganteng dan gaya rambut yang khas, seperti karakter Cloud dengan rambut runcingnya. Ternyata, ada alasan khusus mengapa Nomura selalu menciptakan karakter yang memiliki penampilan menarik.
Inspirasi dari Masa Muda
Dalam sebuah wawancara eksklusif bersama Young Jump, Nomura membagikan banyak informasi menarik tentang proses kreatifnya, termasuk mengapa ia suka menciptakan karakter yang tampan dan keren di setiap game yang ia buat.
Ketika ditanya mengapa karakter utama di game buatannya selalu berpenampilan menarik, Nomura menjelaskan bahwa alasannya berasal dari pengalaman pribadinya saat masih duduk di bangku SMA. Dia menceritakan bahwa salah satu temannya pernah mengungkapkan keheranan, “Mengapa kita harus menjadi karakter jelek di dalam game?” Kalimat sederhana ini memberikan kesan mendalam pada Nomura.
Sejak saat itu, Nomura mulai memikirkan pentingnya menciptakan karakter yang memiliki penampilan menarik di dunia game. Hal ini terlihat jelas dalam desain karakter ikonik seperti Cloud dari Final Fantasy VII, yang tampan dan penuh karisma. Tidak hanya itu, musuh bebuyutan Cloud, Sephiroth, juga memiliki penampilan yang luar biasa, dengan rambut panjang yang menjadi ciri khasnya.
Balancing Desain Karakter
Meskipun Nomura kerap menciptakan karakter yang memiliki penampilan menarik, ia juga menyadari bahwa desain karakter tidak boleh terlalu berlebihan. Menurutnya, jika karakter memiliki penampilan yang terlalu “edgy” atau mencolok, mereka bisa kehilangan koneksi emosional dengan pemain. Hal ini penting, karena karakter yang terlalu eksentrik justru bisa membuat pemain kesulitan untuk merasakan empati terhadap perjalanan yang dilalui karakter tersebut.
Nomura menjelaskan bahwa ia selalu berusaha menciptakan keseimbangan antara desain karakter dan cerita petualangan yang mereka lalui. Karakter tidak hanya sekadar tampil keren, tetapi juga memiliki kedalaman emosional yang dapat membuat pemain terhubung dengan mereka.